Cerita Kuliah: Yasmin di UPN Jakarta / FISIP - Ilmu Komunikasi (Public Relations)

Halo teman-teman semuanya, tulisan terbaru di blog gue kali ini bukan tulisan gue sepenuhnya. Tulisan ini kiriman dari Yasmin Safira, salah satu pembaca blog gue juga. Yuk, kita baca bareng-bareng!

Ciee...sekarang sudah jadi mahasiswa! Ciee...anak kuliahan! Ciee....kalo ditanya bukan di sekolah lagi, tapi di kampus! Apa sih yang terbesit di otak kalian mendengar kata mahasiswa? Menyandang status "Maha", mungkin artinya:
✓Lebih dewasa
✓Pola fikir lebih luas
✓Lebih bersuara, kritis dan aktif One point diatas betul ya, nah di luar itu?
✓Mengikuti Ospek yang ribeeet yaah!
✓Linkungan baru, temen baru, gebetan baru dan pacar baru (aawww)
✓Hadapin dosen yg killer, ada yg super baiik
✓Tugas numpuk
✓PKL/Magang
✓Skripsi, terakhir penting nih
✓Ikut kegiatan yang bisa menunjang jurusan kalian.

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja


Gue kuliah di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" (UPN) Jakarta. Jurusan FISIP - Ilmu Komunikasi (Public Relations). FYI temen-temen, dulu UPN ini masih perguruan tinggi swasta (PTS), nah sekitar bulan oktober 2015 UPN resmi beralih menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN). Masa transisi atau peralihan dari PTS ke PTN ini cukup lama. Cieee jadi anak negeri nihye! 

Ini buktinya saat di tanda tangan oleh Presiden RI ke-7, Bapak SBY. 
Foto: Puniki Menawi Kasayubin 


Oke, setelah gue masuk kuliah mungkin pikiran gue sama seperti kalian (mau lulus cepat kalau bisa 3,5 tahun dengan predikat cumlaude biar gampang dapat kerja). Hmm... Tapi saat kalian menjalani masa kuliah itu, apa sih kegiatan lain yang kalian ikuti? Banyak lho kegiatan positif di kampus, bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), atau organisasi. Nah, karena alhamdulillah gue dari SMP (Sekolah Menengah Pertama) cukup aktif ikut organisasi atau esktra kulikuler, di kampus pun gue ingin mengulanginya lagi.

Tonton Juga: Cerita Kuliah Beasiswa di China



Pertama gue sempat daftar ke UKM UBV (Ukm Band Veteran) ambil lesson vocal (sudah pede aja ya suara bagus) hahaha namanya juga belajar. Setelah ikut 2 kali pertemuan, belajar tehnik suara, nada, dll sampai akhirnya ikut pelatihan dasar gitu namanya Diksar. Udah resmi jadi anggota, di tengah-tengah itu gue alami 'missed', walaupun gue emg suka nyanyi tapi gatau ya kenapa gue ngerasa kurang cocok aja. Daripada setengah=setengah dan gue nggak maksimak di situ, akhirnya gue putusin buat keluar. Itu masih maba banget ya semester 1. Naah! Pas semester 3, salah satu organisasi di Fakultas gue buka Rekruitmen pengurus baru. Krn tertarik di situ akhirnya gue daftar. Setelah mengikuti tes tertulis dan wawancara, gue keterima alhamdulillah menjadi pengurus BEM FISIP Periode 2014/2015 sebagai Bendahara.

 Foto: Twitter @BEMFISIPUPNVJ 

BEM FISIP UPNVJ adalah organisasi mahasiswa dibidang non akademik yang meliputi dua program kerja besar yaitu proker universal/tahunan dan proker fungsional. Di periode 2014/2015 ini gue menjabat sebagai Badan Pengurus Harian (BPH) yaitu bendahara. Tugas dan fungsinya yaitu mengatur segala bentuk keuangan seperti uang kas, mengelola dana usaha, proposal dan laporan pertanggung jawaban (LPJ) keuangan program kerja. 


Satu tahun berlalu gue sudah semester 5. Setelah itu, gue melanjutkan ke periode berikutnya yaitu 2015/2016 naik sebagai Sekretaris. Tugas dan fungsinya selain menjadi tangan kanan ketua dan wakil ketua, gue mengurus dan mengatur segala bentuk kesekretariatan seperti surat masuk surat keluar, proposal dan LPJ, jadwal program kerja dan piket. 

 Foto: Dok. Pribadi

Selain itu, di periode ini gue juga mendapat kesempatan dan kepercayaan menjadi Ketua Pelaksana/ Project Officer lho di salah satu program kerja BEM FISIP yaitu Masa Bimbingan mahasiswa baru (MABIM). Program kerja ini bertujuan untuk memperkenalkan FISIP pada mahasiswa baru. Mulai dari jajaran Dekanat, seputar mata kuliah, pengisian KRS, dan juga organisasi. FISIP ini ada 2 jurusan yaitu Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional (HI).

Foto: Dok. Pribadi 

Di FISIP punya organisasi dan club terlengkap dari semua Fakultas lho! Untuk organisasinya ada SM (Senat Mahasiswa), BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). 



Selain ada Himpunan dari Jurusan Kom dan Hi yaitu HIMAIKOM dan HIMAHI, kemudian ada 4 club yang menjadi wadah kalian untuk mengasah minat dan bakat, Club Five TV, Club Fourtyfive Radio, Club FOP, English Club. Lengkap dan kece kaan? Balik lagi ke pengalaman gue menjadi PO yaa, di sini gue belajar banyak banget. Mulai dari memimpin rapat, paparan ke jajaran Dekanat, follow up anggaran, menyusun panitia, mencari pembicara atau narasumber dan mengisi sambutan. Ini lho kumpulan fotonya: 

Foto: Dok.Pribadi 



Dan ini salah satu program kerja terbesar dari BEM FISIP: 


Guuuysss, akademik memang penting, kalo bisa IP di atas 3/3,5 tapi bidang non akademik juga penting lho! Mengikuti kegiatan positif seperti ini bisa menunjang kalian saat di dunia kerja nantinya, seperti berani mengeluarkan pendapat, mampu bekerja dengan tim, mampu berbicara di depan banyak orang, bertanggung jawab atas suatu tugas/pekerjaan, time management, dan segi penting lainnya. Pesan gue, jangan jadi mahasiswa yang kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang) kecuali kalau kalian punya kegiatan positif di luar ya. Tapi kalo nggak ada, lebih baik ikut yang di dalam kampus sendiri aja. Selamat menjadi mahasiswa yaa, semangat mengejar apa yang kalian inginkan!



Nah, itu dia cerita dari Yasmin seputar dunia perkuliahan dan organisasinya! Lo sendiri, ada nggak cerita yang mau dishare di sini? Tips dan trik menjalani kuliah, atau apa pun yang menurut lo itu bermanfaat deh! Jadi, siapa yang mau berbagi ceritanya bisa kirimkan ke email gue ya di sini: adhetora@gmail.com dengan subjek CERITA KULIAH.

Terima kasih teman-teman!
Similar Videos

0 komentar:

Followers