SOAL dan Jawaban UTS



Soal!
1. mengapa mahasiswa di PT perlu mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan? dan apa pengertian Pendidikan Kewarganegaraan? jelaskan!
2. Bagaimana yang terjadi sekiranya tidak ada perang Asia Timur raya yang mengakibatkan Jepang Menyerah kalah pada Pihak Sekutu (Blok AS)? apa akibatnya dengan Perjuangan Kemerdekaan Pemuda-pemuda Indonesia? Kedudukan Jepang sendiri sebenarnya dilema dengan kondisi kalah perang tersebut mengapa demikian, jelaskan !
3. Pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia, apa maksudnya? dan apa pula arti dari Filsafat Pancasila! jelaskan!
4. Apa yang dimaksud dengan Identitas nasional? dan mengapa Identitas Nasional sering disebut sebagai 'lem perekat bangsa' Indonesia?
5.Dalam suatu negara terdapat konstitusi, apa arti konstitusi? dan didalam konstitusi mengatur apa saja, jelaskan? serta mengapa pula di Indonesia diadakan Amandement terhadap UUD 1945!



Jawaban

1. Agar mahasiswa perguruan tinggi mempunyai moral bangsa dan mencerdaskan Mahasiswa tentang Pendidikan kewarganegaraan indonesia.
-pendidikan kewarganegaraan adalah upaya sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara, demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan Negara
2.Indonesia akan sangat mudah untuk mendapatkan kedudukannya dan memproklamasikan kemerdekaan saat itu.
-Akibatnya, tidak ada Gerakan Bawah Tanah atau GERINDOM(Gerakan Indonesia Merdeka) dan tak ada Perlawanan senjata militer yang terjadi.
-Karena di wilayah A ada beberapa koloni Inggris, Belanda dan AS yang meliputi wilayah : Semenanjung Melayu, Kalimantan Utara, Philipina dan Indonesia. Dan setelah jepang berhasil dengan mudah menduduki sebagian kota kota di Indonesia. Lalu mereka memeras Sumber daya alam dan rakyat Indonesia yang di jadikan budak oleh Jepang. Lalu pemuda Indonesia membuat Gerakan Indonesia Merdeka dan Pembela tanah air lalu Kelompok gerakan lainpun muncul dan mereka melawan tentara-tentara jepang dan akhirnya Mereka dapat mengusir Jepang dan Jepang pun memberikan Kemerdekaan terhadap bangsa Indonesia pada tanggal 9 September 1944.

3. Filsafat Pancasila mempunyai fungsi dan peranan sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia.
-Pancasila sebagai filsafat mengandung pandangan, nilai, dan pemikiran yang dapat menjadi substansi dan isi pembentukan ideologi Pancasila.


4. Identitas Nasional adalah sebuah kesatuan yang terikat dengan teritorium dan mesti memiliki wilayah, kesamaan sejarah, sistim hokum/perundang-undangan, hak dan kewajiban serta pembagian kerja bedasarkan profesi
-Karena Indonesia mempunyai kesatuan yang terika dengan teritorium dan mempunyai wilayah dan sistim hokum/Perundang undangan.

5. Konstitusi dalam negara adalah sebuah norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara - biasanya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis - Dalam kasus bentukan Negara
-Konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum, istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar politik, prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur, prosedur, wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya
-Salah satu tuntutan Reformasi 1998 adalah dilakukannya perubahan (amandemen) terhadap UUD 1945. Latar belakang tuntutan perubahan UUD 1945 antara lain karena pada masa Orde Baru, kekuasaan tertinggi di tangan MPR (dan pada kenyataannya bukan di tangan rakyat), kekuasaan yang sangat besar pada Presiden, adanya pasal-pasal yang terlalu “luwes” (sehingga dapat menimbulkan multitafsir), serta kenyataan rumusan UUD 1945 tentang semangat penyelenggara negara yang belum cukup didukung ketentuan konstitusi.
Categories:
Similar Videos

0 komentar:

Followers